Mengenal Diah Warih Anjari, Dari Ketua Dewan Pembina Diwa Center, Pegiat Sosial, hingga Pengusaha Sukses

0
51

DIAH Warih Anjari (lahir 5 Mei 1980) adalah seorang pengusaha, founder Diwa Center, dan seorang aktivitis yang bergerak di bidang sosial kemanusiaan, seni, kebudayaan, kesehatan dan lain-lain. Lahir di Surakarta, Diah Warih Anjari adalah putra sulung dari tiga bersaudara dari pasangan (Alm) Bambang Waluyo dan Sri Murwani.

Diah Warih Anjari di lahirkan di lingkungan yang berdekatan dengan Keraton Surakarta Hadiningrat, dimana ayah kandungnya menjadi salah satu sosok yang juga dekat dengan petinggi keraton. (Alm) Bambang Waluyo dikenal sebagai seorang pesilat dan sesepuh perguruan silat terkenal di Solo Raya yakni Bima Sakti.

Baca : Ketum Komnas PA Acungi Jempol Diwa Center

Masa Reformasi

Semasa remaja, Diah Warih Anjari memiliki karakter yang supel, mudah bergaul dan pandai berkomunikasi. Tak heran pada saat remaja ia sudah beraktivitas sebagai penyiar radio.

Hal inilah yang membuatnya memiliki banyak penggemar termasuk kalangan aktivitas. Pada masa reformasi, Diwa sapaan Diah Warih Anjari sudah biasa tergabung dalam gerakan demonstrasi dan terlibat dalam isu-isu HAM sejak lulus SMA.

Ketika semangat reformasi sedang digelorakan oleh Amien Rais, Gus Dur, Megawati dan tokoh politik nasional lainnya. Kira-kira antara tanggal 23-24 Mei 1998, Diah Warih Anjari ikut dalam demontrasi besar-besaran di Kota Solo menuntut bergulirnya reformasi.

Setelah bulan Mei 1998, ia langsung mendaftarkan diri sebagai mahasiswa di lembaga Bahasa Inggris di Solo. Ia melanjutkan pendidikan di Solo Laboratorium. Setelah lulus langsung melanjutkan karier sebagai marketing di sebuah perusahaan asuransi.

Baca : HUT Diwa Foundation, Diah Warih Bagikan Ribuan Paket Beras dan Sembako

Pengalaman Organisasi

Setelah banyak makan asam garam dunia bisnis dan memiliki pengalaman kerja yang cukup di seantero Indonesia. Pada 2018, Diah Warih Anjari pulang kampung ke Solo. Ia pun mendirikan Diwa Center (Diwa Foundation) dan menjadi Dewan Pembinannya.

Diwa Center ini bergerak di bidang sosial kemanusiaan dan beralamat di Jalan Tentara Pelajar 108 C Gilingan, Banjarsari, Kota Surakarta.

Pada tahun yang sama (2018), Diwa sapaanya mengkoordinatori kegiatan dukungan relawan Jokowi RNJP dan sebagai Sekjen Relawan Nusantara Jokowi 2 Periode. Organ relawan ini memiliki basis massa yang luas di seluruh Indonesia, dan sampai sekarang eksis dan terus memberikan dukungan pemerintahan JokowiMa’ruf.

Kegiatan selain politik, yakni kegiatan sosial juga dilakukannya dengan berbagai kegiatan melalui Organisasi Generasi Anak Bangsa yang diketuainya. Memasuki pemilu 2019, Diah Warih Anjari menginisiasi kegiatan sosial relawan dalam kampanye Capres Jokowi dan menjadi Dewan Pendiri sekaligus Ketua Umum Brigade #01.

Baca juga : Tak Mau Bergantung Konten Kreator, Diah Warih Unggah Pesan Positif di Medsos Lewat Karya Sendiri

Di bidang sosial kemanusiaan, lewat Yayasan Diwa Foundation, Diah Warih Anjari terus berkontribusi positif terhadap masyarakat, warga Solo dan luar Solo ataupun Pulau Jawa.

Diah Warih Anjari juga aktif dalam berbagai kegiatan di bidang pertanian, informasi teknologi, kemaritiman, politik dan lain-lain.

Kiprah Politik

Semenjak namanya moncer menjadi pendukung Presiden Jokowi dalam pilpres 2019. Diah Warih Anjari terjun ke dunia politik pada akhir 2019. Ia maju sebagai bakal calon wakil wali kota Surakarta. Saat itu, nama-nama tenar seperti Gibran Rakabuming Raka, Achmad Purnomo, Teguh Prakosa, Sri Hartanti, masuk dalam kandidat bakal calon wali kota- wakil wali kota.

Nama Diah Warih Anjari langsung meroket dan memimpin dalam berbagai jajak pendapat nama pemimpin Solo masa depan dalam Pilkada Solo.

Baca : Tim Diwa Foundation Terkesima Melihat dari Dekat Festival Pasola di Kodi Bangedo

Ia dianggap mewakili generasi milenial dan dianggap sebagai sosok yang segar dan mumpuni memimpin Solo. Hingga media Tribun Solo mengundangnya dalam sebuah acara talkshow dan ingin mendengar secara langsung kenapa nama Diah Warih Anjari bersinar dalam Pilkada Solo sekaligus ingin mendengar visi dan misi.

Meski kemudian namanya tidak masuk dalam daftar yang direkomendasikan PDI Perjuangan.

Dan saat itu partai pimpinanan Megawati Soekarno Putri mengeluarkan rekomendasi nama Gibran Rakabuming dan Teguh Prakosa sebagai Cawali dan Cawawali dari PDI Perjuangan.

Simak : 3 Faktor Penting dalam Meraih Kesuksesan

Diah Warih Anjari ke hadapan media langsung menyatakan mendukung Gibran Rakabuming sebagai Calon Wali Kota Surakarta.

Bahkan di Poskonya Diwa Center, Diah Warih Anjari secara pribadi langsung membentuk jejaring lewat HPmu Poskomu untuk memberikan dukungan riil kepada untuk memenangkan putra sulung Presiden Jokowi ini.

Guna meralisasikan Program HPmu Poskomu ini, Diah Warih Anjari juga menyebar wi-fi gratis ke pelosok kampung di Solo. Tujuanya tidak lain dan tidak bukan adalah menyosialisasikan program-program Cawali Gibran, sekaligus digunakan warga untuk belajar lewat online karena waktu itu di Solo sedang diberlakukan darurat Covid-19.

Baca : Gerakan Sosial Bagaikan Cahaya dalam Kegelapan

Memasuki masa politik 2024, Diah Warih Anjari mengaku dilirik berbagai partai dari nasionalis, agamis, dan lain-lain. Bahkan Diah Warih juga dilirik maju sebagai kandidat Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Hal yang menarik adalah ke arah mana dukungan Diah Warih Anjari dalam Capres-Cawapres 2024 ? Dukungan ini dinanti-nantikan oleh berbagai partai dan tokoh karena mereka sadar Srikandi Solo ini harus dilamar sebagai garda terdepan pemenangan kontestasi politik.

Kiprah Media

Dengan pengalamannya di berbagai bidang dan pertemannya dengan awak media, Diah Warih juga aktif gerakan intelektual dengan menjadi motor penggerak media. Belakanagan ia juga sebagai pemilik media. Media menjadi dunia yang tak terpisahkan dari dirinya.

Sejak masih muda sudah terjun di dunia brodcasting, presenter dan berbagai kegiatan. Dia juga sudah diwawancari oleh “silogismeStand Up Commedy Cak Lontong dalam sebuah acara televisi.

Nama Diah Warih Anjari sudah terbiasa masuk dalam pemberitan media online sehingga masuk dalam daftar Google News, seperti masuk dalam link solopos.com, jatengpos.co.id, suara.com, newsreal.id, tribunnews.com, krjogja.com, kabar24.bisnis.com, ayosemarang.com, jateng.antaranews.com, kumparan.com, kompas.com, liputan6.com, news.okezone.com, joglosemarnews.com, timlo.net, merdeka.com, sindonews.com, suaramerdeka.com dan lain-lain.

Baca : Selamat Hari Pahlawan, Apresiasi Bagi Tenaga Medis

Diah Warih Anjari juga memiliki kemampuan di bidang media dalam Tim Kampanye dan Politik Personal Branding bagi calon bupati dan wakil bupati, serta anggota DPR RI, DPRD di berbagai pulau di Indonesia dan DPRD Kabupaten/Kota.

Bahkan pada Pilpres 2019, ia dipercaya menjadi Relawan Nusantara Jokowi 2 Periode karena kemampuannya dalam bidang komunikasi publik dan massa.

Karirnya di bidang media dan lembaga sosial kemasyarakatan cukup bagus. Pasca-perayaan Idul Fitri yakni Rabu, 19 Mei 2021 di hadapan ratusan warga binaan Rutan Klas IA Surakarta, Diwa sapaan Diah Warih memberikan motivasi, semangat dan membagikan nasi kuning.

Selain itu pegiat seni dan budaya ini juga menjadi narasumber sejumlah media seperti newsreal.id dan mitra berbagai media lokal, regional, nasional sampai sekarang.

Simak : Pegadaian Kanwil Jateng Berdayakan Warga Gilingan Solo Lewat Budidaya Cacing Lumbricus Rubellus

Kegiatan Sosial, Seni, Budaya, dan Pertanian

Dalam dunia seni, nama Diah Warih Anjari akrab di telingan kartunis, terutama mereka yang tergabung dalam Persatuan Kartunis Indonesia atau Pakarti. Pada ultahnya yang ke-31 yang pada 11 Desember 2020 lalu.

Diah Warih Anjari melalui yayasan Diwa Center menjadi donatur utama kegiatan Festival Kartun Indonesia (Festuna) I. Dalam pembukaan Festuna I, Diah Warih Anjari memberikan pembukaan secara daring dalam acara tersebut.

Lewat Diwa Foundation, Diah Warih juga terjun di bidang pertanian lewat perusahan pupuk cair turut menyosialisasikan penggunaaan pupuk hayati di Kabupaten Bangli dan Tabanan, Provinsi Bali (2022), dan kegiatan pertanian di Kalimantan Timur.

Baca : Penyintas Covid-19, Diwa Berbagi untuk Warga yang Sedang Isoman

Di bidang Sosial masih bersama Diwa Foundation, Diah Warih Anjari memiliki seabreg kegiatan, di antaranya rutin menggelar Jumat Berkah. Selama hari jadi Yayasan Diwa Center, Diah Warih Anjari selalu menggelar kegiatan sosial seperti membagikan paket sembako kepada relawan, dan anak-anak penderita HIV/AIDS. Lalu membagikan 5 ton beras dan ribuan sembako kepada warga pada 5 Mei 2021.

Simak : Aksi Cabut Paku Dalam Rangka Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Dan terakhir kali pemilik sejumlah perusahaan ini menggelar kegiatan pembagian ribuan makanan siap saji di acara penutupan Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah, Minggu (20/11/2022) di Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta Sukoharjo, Jawa Tengah.

Ia terlihat bersama-sama relawan dan salah satu teman Syafrudin Budiman, tak lain adalah  cicit dari Mas Mansur, Ketua Pengurus Besar Muhammadiyah jaman kemerdekaan, yang juga Inspirator berdirinya Majelis Islam A’la Indonesia (MAIA) yang bermetamorfosa menjadi Masyumi.

Baca : Berbakti untuk Negeri Ala Pengusaha Cantik Asal Solo dengan Mobil Karatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here