Tak Perlu Minder! Ini Kiat Adaptasi Bagi Eks Napi dari Pengusaha Cantik Solo

0
20

DeParenting – Banyak yang beranggapan orang yang telah mencicipi rumah tahanan merupakan orang yang jahat dan akan suram masa depannya. Maka tak jarang, mereka dikucilkan usai masa tahanan habis dan kembali ke lingkungannya.

Padahal, bisa saja mereka masuk ke lingkungan hitam karena salah pergaulan. Untuk itu, peran lingkungan untuk membina pun sangat dinantikan.
Tak hanya soal karakter, tapi juga memperbaiki masa depan mereka.

Hal itulah yang dilakukan Diah Warih Anjari. Pengusaha sukses asal Kota Solo sekaligus pendiri Yayasan Diwa Foundation yang bergerak di bidang sosial.

Tak tanggung-tanggung, Diwa, demikian ia biasa disapa, memberikan motivasi langsung pada ratusan napi yang ada di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IA Kota Solo.

Ia pun membagikan kiat adaptasi bagi eks napi agar nantinya bisa beradaptasi dengan lingkungan masyarakat dan mampu berbaur dan berkomunikasi dengan baik. Bahkan, bisa merencanakan masa depan yang lebih baik.

Pertama, adalah menguatkan mental. Jika nantinya ada yang tetap memandang negatif, maka harus bisa menunjukkan bahwa mereka bisa bermanfaat bagi lingkungannya. “Tadi sempat memberikan motivasi dan inspirasi kepada mereka untuk menguatkan mental,” kata Diah Warih yang juga pernah mengikuti kontestasi sebagai bakal calon Wakil Wali Kota Solo ini, Rabu 19 Mei 2021.

Kiat adaptasi bagi eks napi yang kedua adalah mempersiapkan skil. Meski saat ini masih menjadi warga binaan, namun harus serius menekuni keterampilan atau skil yang diajarkan oleh pihak Rutan. Hal itu akan menjadi bekal saat bebas nanti.

”Mereka disini juga belajar menyiapkan skill agar mampu mencari nafkah di dunia luar nanti,” ungkap Diah Warih usai kegiatan yang tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan tersebut.

Kiat ini bisa juga diterapkan bagi warga binaan yang saat ini sudah habis masa tahannya dan sedang beradaptasi di lingkungan masyarakat.

Sumber : https://www.deparenting.com/tak-perlu-minder-ini-kiat-adaptasi-bagi-eks-napi-dari-pengusaha-cantik-solo/

Pihaknya juga menyampaikan, supaya masyarakat mau menerima mantan warga binaan yang telah menebus kesalahannya dengan menjalani masa tahanan.

“Jangan dikucilkan, namun harus dirangkul. Tumbuhkan jiwa sosial, agar mereka tidak menempuh jalan yang salah untuk kedua kalinya,” katanya.

Terkait kegiatan tersebut, Diah Warih menjelaskan sebagai kegiatan silaturahmi dengan instansi dan warga binaan. Terlebih saat ini masih dalam suasana lebaran dan menjadi momen yang tepat untuk bertemu dan menjaga persaudaraan sebagai sesama anak bangsa.

Sementara itu, Kasi Pelayanan Rutan Solo, David Saptoaji mengatakan pihaknya mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi Rutan Solo. Pasalnya, kesuksesan dalam pembinaan yang dilakukan adalah dengan keterbukaan masyarakat menerima mantan warga binaan Rutan.

“Ketika warga binaan kembali ke masyarakat, dapat berperan aktif dan berkolaborasi demgan masyarakat. Sehingga, mereka dapat berperan dengan aktif,” katanya.

Diakhir kegiatan, pegiat dari Diwa Foundation juga membagikan masker kepada warga binaan. Ini bertujuan, mencegah penyebaran Covid-19 khususnya di dalam Rutan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here